Kredibilitas Dirusak oleh FIF



Sumber : REDAKSI YTH Kompas Sabtu, 12 Juli 2008

Saya mengajukan kredit multiguna ke BCA akhir Maret 2008, kemudian ditolak dengan alasan data dari Bank Indonesia menyebutkan saya memiliki kredit kendaraan bermotor yang belum dibayar dari Bank Lippo. Merasa tidak memiliki tunggakan, saya mengajukan komplain ke BI dan akhirnya saya diundang datang ke BI untuk diberi tahu mengenai masalah tersebut. Dari BI langsung saya mengetahui bahwa selama 103 hari per tanggal 23 Juni 2008 dari tanggal 17 Februari 2008 saya menunggak pembayaran dari Bank Lippo.

Saya diberi nomor rekening yang aktif tersebut dan saya langsung menuju ke Bank Lippo Plaza Kuningan, Jakarta, untuk mencari tahu ternyata rekening tersebut adalah dari Federal International Finance (FIF). Saya tidak pernah menunggak ke FIF dan dibuktikan dengan pembayaran lengkap tidak pernah terlambat, BPKB sudah di tangan, tetapi rekening tersebut statusnya masih aktif. Oleh Bank Lippo saya diminta konfirmasi ke FIF dan saya langsung menuju FIF Kedoya, Jakarta Barat, untuk klarifikasi.

Oleh FIF saya hanya diberi surat yang menerangkan bahwa saya sudah melunasi dan tidak pernah terlambat untuk diajukan lagi ke BCA sebagai syarat kredit untuk memperbaiki kredibilitas saya. Akan tetapi, setelah diajukan kembali, BCA menyatakan bahwa surat tersebut kurang kuat karena hanya menyatakan bahwa saya tidak pernah terlambat dan telah selesai tetapi tidak ada per tanggal berapa pembayaran itu berakhir. Saya dirugikan oleh FIF yang dengan teledor tidak mengonfirmasikan ke Bank Lippo sebagai penyedia dana setelah saya menyelesaikan kewajiban.

Galih Anggoro
Jalan H Mugeni Nomor 18,
Petukangan Utara, Jakarta

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »