Mohon Penjelasan Mandiri Card Center Tentang Sistem Informasi Debitur



Sumber : Suara Pembaca Detikcom Selasa, 29/12/2009 09:04 WIB

Jakarta - Saya mantan pemegang kartu kredit Mandiri dengan nomor 4137 1803 0638 xxxx. Kartu tersebut telah saya tutup pada 7 September 2009.

Dua bulan setelah penutupan saya masih terus mendapatkan lembar penagihan via email. Setelah saya kirim email keluhan tentang hal ini barulah Bank Mandiri berhenti mengirimkan lembar penagihan. Baik via kurir maupun via email.

Namun, masalah ternyata tidak berhenti di situ. Senin 28 Desember 2009 saya menyempatkan diri ke BI untuk melakukan BI Checking SID (sistem informasi debitur). Ternyata apa yang saya perkirakan benar adanya. Data di BI menyatakan bahwa kartu kredit Mandiri saya tersebut masih dalam keadaan aktif. Bagaimana ini Bank Mandiri.

Saya sudah menutup kartu tersebut di awal September 2009. Namun, mengapa di akhir Desember 2009 data di BI kartunya masih aktif. Itu artinya selama hampir empat bulan sejak penutupan pihak Bank Mandiri belum juga melakukan pemutakhiran (update) data nasabah di BI. Berbeda jauh jika nasabah mengajukan aplikasi kartu kredit dan aplikasinya disetujui bank maka niscaya bulan depan data nasabah tersebut sudah ada di BI.

Jadi jika punya hutang di bank maka bank akan cepat melaporkannya ke BI. Namun, jika hutangnya sudah lunas maka bank lambat melaporkannya ke BI.

Kejadian seperti ini adalah kedua kalinya saya alami. Sebelumnya saya mengalami hal yang sama pada bank yang berbeda. Kartu kredit dari bank tersebut sudah saya tutup lebih dari satu tahun namun data di BI menyatakan bahwa kartu tersebut masih aktif. Akhirnya saya komplain via media dan barulah data saya di-update bulan berikutnya.

Bayangkan jika saya tidak pro aktif datang ke BI tentu sampai saat ini datanya tidak berubah. Atau dengan kata lain saya dirugikan atas tidak update-nya data SID. Kepada semua pemegang kartu kredit lainnya yang sudah pernah melakukan penutupan kartu kreditnya agar cek dan ricek lagi data anda di BI. Siapa tahu bank anda belum meng-update data anda di BI.

Abdul Haris Adnan
Jl Sektor No 4 RT 02/07 Tangerang
aharisadn99@yahoo.com
08998988825

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »