Menjadi Korban Pemalsuan KTP untuk Dapatkan Kartu Kredit Bank Mandiri



Sumber : Surat Pembaca Kompas.com Kamis, 25 Februari 2010

Dibulan Januari 2010 bank dimana saya menjadi nasabahnya melaporkan bahwa KTP saya telah dipalsukan seseorang untuk mendapatkan kartu kredit Bank Mandiri dan membobolnya ditahun 2008. Saya segera melaporkan ini pada tanggal 26 Januari 2010 kepada Bank Mandiri di cabang terdekat saya tinggal dan diterima oleh Saudari Lty yang bertugas.

Setelah dicek ternyata orang tersebut memakai nama, nomor KTP dan tanggal lahir saya. Namun alamat dan telepon serta nama ibu kandung yang berbeda. Saya minta ini segera di investigasi secara resmi karena saya tidak pernah mengajukan atau memiliki kartu kredit dan produk-produk perbankan lainnya dari Bank Mandiri seumur hidup saya.

Setelah data asli saya dan surat pengaduan diberikan, Saudari Lty mengatakan masa proses 10 hari kerja. Pada hari ke 10, saya mendatangi kembali Bank Mandiri, ternyata dari Card Center meminta kopi kartu keluarga.

Setelah semua itu diberikan, saya diberitahu bahwa proses akan memakan waktu 45 hari. Yang anehnya, hingga hari ini, bagian yang berwenang mengusut pemalsuan KTP ini di Bank Mandiri tidak pernah memberikan surat resmi atas pengaduan saya ini, yang memberitahukan telah menerima pengaduan dan data asli saya serta berapa lama proses yang harus saya tunggu.

Selama ini saya hanya dapat berhubungan dengan Saudari Lty yang dengan baik telah membantu saya sebagai penghubung dengan bagian Card Center di Bank Mandiri. Dan saya tidak dapat menghubungi sendiri ke Card Center tersebut karena hanya kantor cabang yang bisa berhubungan. Dan ini sangat merugikan saya yang telah dirugikan nama baik, waktu dan moril.

Jika pemalsuan KTP ini begitu mudah untuk mendapatkan kartu kredit Bank Mandiri, dimana pengawasan dan penilaian pihak Bank Mandiri dalam menyetujui kartu kredit karena setelah disetujui, orang tersebut segera membelanjakan dan kabur.

Ada kemungkinan korbannya bukan hanya saya. Saya minta tanggapan segera dari pihak berwenang di Bank Mandiri untuk menyelesaikan masalah ini yang telah menyangkut nama baik saya dan untuk dihapuskan dari daftar BI-checking!

Prisca Seridanta
Villa Melati Mas Blok i 12a/12
Serpong - Banten

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »