Komplain Data Historis BI Checking ke HSBC Susah



Sumber : Suara Pembaca Detikcom Jumat, 10/12/2010 10:09 WIB

Jakarta - Sehubungan dengan hasil BI checking online per tanggal 29 November 2010 dengan No Laporan: 12/35667534/DPIP/PIK bahwa atas nama Debitur Niken Triwahyuningtiyas posisi kolektibilitasnya 2 (dalam perhatian khusus) hasil dari laporan HSBC Cabang Batam KCP. Sedangkan nilai tagihannya 'nihil'. Secara nyata merupakan rekening yang sudah tidak aktif lagi karena atas rekening kartu kredit HSBC pada tahun 2006/2007 memang sudah pernah saya ajukan untuk ditutup (termasuk kartu tambahan yang tidak pernah saya ajukan dan terima fisiknya). Segala tagihan telah dilunasi.

Sejak saat itu saya tidak pernah mendapat tagihan atau pun dihubungi by phone sebagaimana dilakukan oleh operator kartu kredit lainnya apabila debitur mempunyai tunggakan. Perlu diketahui bahwa No HP saya 08158861411 sejak awal mendaftar kartu kredit HSBC sampai dengan saat ini masih tetap aktif.

Untuk itu mohon klarifikasinya. Mengingat saya sudah tidak mempunyai hutang ataupun tagihan dari kartu kredit tersebut sehingga kolektibilitasnya bisa diubah menjadi level 1 (lancar). Walaupun rekening sudah tidak aktif lagi.

Sesuai dengan pernyataan dari BI bahwa "Informasi Debitur didasarkan pada Laporan Debitur yang disampaikan Pelapor melalui Sistem Informasi Debitur kepada Bank Indonesia. Kebenaran dan keakuratan data merupakan tanggung jawab Pelapor". Maka mohon bantuan dari pihak HSBC selaku pelapor untuk mengkoreksi level kolektibilitas account kredit sebagaimana tersebut diatas sehingga tidak merugikan saya sebagai ex Debitur HSBC.

Saya sudah mencoba untuk menghubungi Call Center HSBC di nomor 021 - 5291 4722 melalui proses kehilangan kartu, karena tidak menemukan jalur untuk bisa langsung berkomunikasi dengan Customer Service (CS) HSBC. Bapak Rama (CS) memberi no telepon Account Relation untuk mengurus hal tersebut di atas. Namun, setelah menghubungi bagian yang dimaksud di no 021 - 2552 6500 ternyata saya hanya mendapat jawaban bahwa kartu kredit dengan nomor 4544 9300 2571 xxxx posisinya "closed by bank" dan dianjurkan untuk mengurus ke CS yang jelas-jelas telah dihubungi dan tidak dapat membantu menyelesaikan masalah.

Jangankan mengkoreksi kolektibilitas ditanya apakah memang ada tunggakan yang masih nyangkut pun tidak bisa. Dan, yang mengherankan lagi dari laporan SID BI bahwa kartu kredit HSBC tersebut di atas terdaftar di HSBC Cabang Batam KCP (selaku pelapor) di mana saya tidak pernah berdomisili dan mengajukan aplikasi ke HSBC di lokasi tersebut. Klarifikasi dari pihak HSBC sangat segera saya perlukan karena saya tidak ingin kejadian ini merugikan saya di kemudian hari.

Untuk diketahui bahwa sampai saat ini saya dan suami masih mempunyai beberapa kartu kredit di luar HSBC yang tidak pernah bermasalah dan sesuai dengan hasil SID BI berkolektibilitas 1, karena komunikasi dengan CS dari ke-3 (tiga) Bank penerbit kartu kredit tersebut sangat kooperatif dan mudah baik melalui telepon maupun email.

Demikian disampaikan dan mohon kerja samanya. Terima kasih.

Niken Triwahyuningtiyas
P Penyengat Raya Jakarta
niken.tiyas@ovi.com
08158861411

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »