Pergantian Clear Card ke Gold Card Citibank Berbelit



Sumber : Suara Pembaca Detikcom Rabu, 25/11/2009 14:43 WIB

Jakarta - Saya adalah pengguna kartu kredit Citibank Clear Card Mastercard sejak tahun 2004. Dengan nomor kartu 5421 7701 90xx xxxx. Pada bulan lalu saya mendapat telepon dari petugas Citibank yang menginformasikan dan menawarkan untuk upgrade katu Clear Card menjadi Gold.

Pada saat itu saya menanyakan kepada petugas tersebut apakah akan memakan waktu yang lama untuk proses pergantiannya karena jika harus ada verifikasi dan memakan waktu lama saya tidak bersedia kartu Clear Card saya di-upgrade. Pada saat itu petugas menginformasikan tidak akan memakan waktu lama dan tidak ada verifikasi. Akhirnya saya menyetujui pergantian kartu kredit saya ke Gold.

Ternyata proses pengiriman kartu Gold tidak semudah seperti yang dijanjikan. Bahkan prosesnya sangat berbelit-belit dan memakan waktu yang sangat lama.

Pada awal bulan November saya menerima tagihan kartu kredit saya. Namun, nomor kartu yang tercantum di lembar tagihan bukan nomor kartu Clear Card saya. Kemudian saya mengubungi Customer Service Citibank pada tanggal 17 November 2009 pukul 16:45 WIB bicara dengan saudara Bernad. Saya menanyakan mengapa nomor kartu yang tercetak di lembar tagihan berubah. Saudara Bernad menginformasikan bahwa perubahan karena ada proses upgrade dari Clear Card ke Gold Card.

Saya cukup terkejut mengingat saya belum menerima kartu kredit pergantian tersebut. Sampai saat ini saya masih memegang kartu kredit Clear Card. Namun, mengapa sudah ada penggantian tagihan dengan nomor kartu yang baru. Saudara Bernad menginformasikan bahwa kartu baru saya sedang dalam pengantaraan, dan kartu Clear Card saya sudah tidak berlaku kembali. Yang Menjadi pertanyaan:

1. Mengapa lembar tagihan sudah dicetak dengan nomor kartu kredit yang baru sedangkan kartu baru belum diterima oleh saya. Sementara kartu lama sudah tidak dapat digunakan. Bagaimana jika saya memerlukan menggunakan kartu kredit namun saya tidak punya kartu yang valid yang dapat digunakan?

2. Saya melakukan BI checking untuk status kartu kredit saya pada tanggal 17 November 2009. Ternyata data pada BI saya masih memiliki 2 kartu kredit yang masih aktif. Nomor Clear Card dan nomor yang Gold. Seharusnya Citibank melaporkan kepada BI untuk proses penutupan dan status lunas kartu Clear Card saya sebelum tanggal 12 November 2009 jika ingin ada penggantian kartu kredit. Dan, sampai saat saya menuliskan surat pembaca ini status kartu Clear Card saya masih aktif di BI.

3. Pada tanggal 17 November 2009 Saudara Bernad menginformasikan bahwa pengiriman kartu harus diterima oleh orang yang bersangkutan langsung (saya) jika ingin diwakilkan harus ada surat kuasa. Hal ini sangat aneh karena pengiriman kartu kredit sebelumnya dapat diterima oleh Ayah saya di rumah, dan informasi surat kuasa baru dijelaskan ketika saya menelpon menanyakan status pengiriman kartu kredit saya yang baru. Karena saya memang tidak ada di rumah pada office hour, maka saya meminta kartu baru dikirimkan ke kantor saya, dengan maksud dapat diterima langsung dan lebih cepat. Namun, pada kenyataanya sampai saat ini kartu tesebut belum juga saya terima.

4. Kembali menghubungi Customer Service Citibank tanggal 23 November 2009, bicara dengan saudari Diah. Saya mendapatkan informasi yang lain, lagi, katanya untuk pengantaran kartu yang meminta pindah alamat harus ada verifikasi lagi. Anehnya dari tanggal 17 November 2009 sampai tanggal 23 November tidak ada 1 (satu) orang petugas Citibank yang menghubungi saya untuk verifikasi.

5. Saya kembali menanyakan tentang status BI checking. Mengapa saya masih memiliki 2 kartu kredit aktif di BI. Saudari Diah menjawab berdasarkan datanya sudah dilaporkan tidak aktif. Namun, setelah di-check ke BI masih ada 2 kartu kredit yang aktif atas nama saya.

Saya sangat kecewa dan mempertanyakan apakah hanya seperti ini service yang ditawarkan oleh bank sekelas Citibank. Saya hanya ingin kartu yang baru dapat diperoleh secepatnya dan status saya di BI hanya memiliki 1 kartu kredit yang aktif.

Saya ingin kartu lama saya dilaporkan lunas dan di-closed. Karena jika tidak dilaporkan lunas maka saya akan dibebankan annual fee double dari kartu Clear Card dan kartu Gold saya. Apakah itu cara Citibank agar dapat menarik annual fee kepada customer dua kali.

Saya mohon perhatian dan kerja samanya. Terima kasih.

Hormat saya,
Deny Dwi Wahyuni
Jakarta
denysdwiwahyuni@yahoo.com
08161382660

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »