Terkejut Namun Semoga Danamon Menyelesaikan Kartu Nomor Berbeda



Sumber : Suara Pembaca Detikcom Edisi Jumat, 08/10/2010 11:06 WIB

Jakarta - Lewat surat ini saya memberitahukan mengenai pelayanan Bank Danamon yang tidak professional dan amat merugikan saya. Saya menyetujui apply kartu kredit Bank Danamon sewaktu promosi di salah satu mall di Pekanbaru dengan janji free annual fee tahun pertama. Tapi, sewaktu saya gunakan saya dikenakan annual fee.

Saya segera menghubungi Card Center Danamon untuk komplain masalah ini. Saya disarankan oleh Customer Service (CS) Card Center Danamon untuk melunasi tagihan belanja saja di luar annual fee-nya. Saya sekalian meminta agar kartu saya ditutup saja setelah membayar tagihan tersebut. Namun, setelah saya melunasi tagihan kartu kredit saya tidak ditutup sesuai dengan permintaan saya.

Saya kembali komplain ke Card Center Danamon dan mendapat jawaban bahwa masalah ini sedang dalam proses. Beberapa bulan berlalu tanpa ada tindak lanjut dari Bank Danamon dan tagihan annual fee membengkak karena denda dan interest. Sampai kemudian saya ditelepon oleh Bagian Debt Collection bahwa saya menunggak pembayaran di Bank Danamon.

Saya ceritakan kronologis dari awal dan disarankan oleh Debt Collection agar saya menelepon kembali ke Card Center untuk menyelesaikan masalah ini. Saya lakukan sesuai instruksi dan mendapatkan jawaban bahwa keluhan saya akan diproses. Kembali waktu berlalu dan lembar tagihan tetap datang setiap bulan dengan jumlah yang terus bertambah.

Masalah muncul sewaktu saya mengajukan permohonan kredit di bank yang ditolak karena nama saya tercantum di BI checking gara-gara kartu kredit dari Bank Danamon. Terpaksa saya menghubungi Card Center Danamon lagi dan kembali mendapat jawaban bahwa keluhan saya akan diproses.

Selama beberapa bulan saya terus mendesak pihak Bank Danamon untuk segera menyelesaikan masalah ini tapi selalu mendapat jawaban yang sama. Akhirnya di bulan Mei 2010 dikirim lembar tagihan dari Bank Danamon yang menyatakan semua tagihan saya telah diputihkan dan kartu kredit saya telah ditutup. Keseluruhan proses tersebut memakan waktu selama 'satu setengah tahun' dan biaya telepon yang tidak sedikit mengingat saya berdomisili di Pekanbaru dan harus melakukan panggilan interlokal setiap kali menghubungi Card Center Danamon.

Saya mengira masalah saya telah terselesaikan walaupun saya mengalami kerugian yang tidak sedikit dalam waktu dan biaya. Tapi, alangkah terkejutnya saya ketika akan mengajukan kredit dikatakan saya masih punya tagihan kartu kredit dari Bank Danamon tapi dengan nomor kartu kredit yang berbeda.

Saya kembali menghubungi Card Center dan kembali mendapatkan janji bahwa laporan saya akan diproses. Saya tunggu-tunggu kayaknya ini bakalan berulang lagi. Akhirnya saya mendatangi kantor Bank Danamon Pekanbaru dan melaporkan masalah ini dan dari mereka saya mendapatkan info bahwa kartu kedit yang baru ini telah dikirimkan melalui kurir tetapi penerimanya bukan saya. Melainkan nama lain yang tidak saya kenal.

Akhinya saya minta agar masalah saya ini diselesaikan saja di Bank Danamon Pekanbaru. Tetapi, tidak disanggupi dengan alasan urusan kartu kredit semua harus melalui Card Center Danamon Jakarta. Saya diminta membuat laporan tertulis lengkap dengan kronologis dan dijanjikan akan dihubungi dalam waktu dekat.

Waktu berlalu tetap tidak ada respon dari Card Center Danamon. Sementara pihak Bank Danamon Pekanbaru cuma bisa minta saya bersabar. Awal September saya berada di Jakarta dan saya berinisiatif menelepon lagi dengan pertimbangan biaya telepon jauh lebih murah.

Saya diminta membuat laporan baru lagi dan diberi nomor laporan yang bisa dicek progresnya dalam 10 hari kerja. Setelah berulang kali mendesak akhirnya saya dihubungi oleh CS Danamon Card Center dan saya diminta mengirimkan lagi laporan secara tertulis kronologisnya dan kirim lewat email agar bisa diproses secepatnya.

Itu pun segera saya lakukan. Tetapi, sampai hari ini saya belum mendapatkan kepastian mengenai status nama saya yang tercantum di BI checking. Walaupun saya telah mengikuti segala macam prosedurnya dan berulang kali mengirim email menanyakan kelanjutan dari komplain saya tetapi tidak pernah ditanggapi.

Apakah begitu cara Bank Danamon menghadapi keluhan dari nasabahnya dengan mendiamkan walaupun kesalahan sebenarnya berada di pihak Bank Danamon. Semoga melalui surat pembaca ada tanggapan dari Bank Danamon dan menyelesaikan masalah saya dengan tuntas. Terima kasih.

Tertanda,
Wilson Chang
Jl A Yani No 35 Pekanbaru
istanabaru@yahoo.com
0811755045

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »