Know Your Banker (KYB)



Know Your Banker atau dapat diartikan atau disepadankan artinya dengan Kenali (dulu) Bankir Anda.

Tidak selamanya Bank itu benar. Karena bisa saja ada kesalahan system, Human Error termasuk tindakan fraud  yang dilakukan oleh oknum Bank sendiri.

Tidak selamanya juga kondisi keuangan kita stabil,  atau senantiasa sesuai yang kita harapkan, terutama untuk kondisi yang memerlukan  rentang waktu yang relatif lama.

Maka itu, sebelum  memutuskan Layanan / Produk Bank mana yang  dipilih, kenali dulu profil Bank tersebut, apakah  apabila ketika nasabahnya,  karena satu dan lain hal menyebabkan harus complain dan atau pas lagi kesulitan keuangan, apakah Bank tersebut bisa memberi layanan /solusi yang sesuai diharapkan, atau malah akan berupaya menghindar  atau menganggap nasabahnya tersebut  bagaikan sampah yang tak berguna  dan dapat diberlakukan seenaknya.

Di Web-blog https://medianasabah.net ini dapat dilihat contoh2 profil Bank yang sering menjadi bahan sharing/konsul/testimony, atau singkatnya Bank tersebut  sering disebut-sebut, karena  terkait dengan perlakuan-perlakuan Banknya terhadap nasabahnya, khususnya ketika nasabahnya sedang mengalami kesulitan,  untuk kiranya dapat dimanfaatkan menjadi bahan pertimbangan  sebelum memutuskan menggunakan Layanan atau Produk Bank tersebut.

Dan, dalam rangka edukasi risiko, kalau Bank wajib  menerapkan prinsip KYC (Know Your Customer),  Nasabah juga tidak ada salahnya menerapkan prinsip KYB (Know Your Banker) untuk Bank yang akan digunakan Layanan / produknya.

***

Contoh-contoh kasus yang ada yang sesuai:

1. Kenali Bank Anda Melalui Perlakuan Debt Colletornya kepada Nasabahnya


2. Kenali Bank Anda Melalui Perlakuan Blokir Rekening Tabungan Nasabahnya

3. Kenali Bank Anda Melalui Perlakukan yang Tidak Sesuai Apabila Yang Menyangkut Hak Nasabahnya 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »